Contoh RPP kurikulum 2013
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.
IDENTITAS
Satuan Pendidikan : SMA
N .. Medan
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Kristen
Kelas/Semester :
X/Semester I
MateriPokok : Bertumbuh dan semakin berhimat
Pembelajaran
: I ( Pertama )
Pertemuan
ke : 1,2,3
Alokasi Waktu : 9
X 45 menit
II.
KOMPETENSI INTI
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku yang jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli
(gotorong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsive, dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisa pengetahuan factual, konseptual,
procedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan
pengetahuan
procedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranaha bstrakter kait
dengan pengembanngan dari yang
dipelajarinya di dekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
III.
KOMPETENSI DASAR
1.1.
Mensyukuri karunia Allah bagi dirinya yang terus
bertumbuh sebagai pribadi dewasa.
1.2.
Menghayati nilai-nilai
Kristiani: Kesetiaan, kasih dan keadilan dalam kehidupan sosial.
1.3.
Mengakui peran
Roh Kudus dalam membaharui kehidupan orang beriman.
2.1.
Mengembangkan perilaku sebagai pribadi yang terus
bertumbuh menjadi dewasa
2.2.
Meneladani Yesus
dalam mewujudkan nilai-nilai Kristiani: Kesetiaan, kasih dan keadilan dalam kehidupan.
2.3.
Bersedia hidup
baru sebagai wujud percaya pada peran Roh Kudus sebagai
pembaharu.
3.1.
Mengidentifikasi ciri ciri
pribadi yang
terusbertumbuh menjadi dewasa
3.2.
Memahami makna
nilai-nilai Kristiani: Kesetiaan, kasih dan keadilan dalam kehidupan.
3.3.
Menjelaskan peran
Roh Kudus dalam membaharui kehidupan orang beriman
4.1.Menunjukkan ciri-ciri
pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa.
4.2.
Menerapkan
nilai-nilai Kristiani: Kesetiaan, kasih dan keadilan dalam kehidupan.
4.3.
Memberikan
kesaksian tentang peran Roh Kudus sebagai pembaharu. Mengkaji bagian Alkitab yang berbicara
mengenai peran Roh Kudus dalam membaharui kehidupan orang
beriman dari kitab Kisah Rasul
IV.
INDIKATOR
1. Menjelaskan apa
arti dari bertumbuh
2. Menjelaskan apa
arti dari berkmat dan hikmat yang dimaksudkan bagi kita
3. Menjelaskan
bagaimana memperoleh hikmat
4. Menjelaskan
tujuan perlunya mempelajari hikmat
5. Menjelaskan peran
atau contoh dari perilaku berhikmat
6. Menuliskan
cirri-ciri orang yang berhimat
7. Mengakui berkat
dari orang Kristen yang berhikmat
8. Menunjukkan
nats-nats Alkitab yang mendukung pelajaran
V.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa mampu Menjelaskan apa arti dari
bertumbuh
2.
Siswa mampu Menjelaskan apa arti dari berkmat
dan hikmat yang dimaksudkan bagi kita.
3.
Siswa mampuMenjela skan bagaimana memperoleh
hikmat.
4.
Siswa mampu Menjelaskan tujuan perlunya
mempelajari hikmat.
5.
Siswa mampu Menjelaskan peran atau contoh dari
perilaku berhikmat.
6.
Siswa mampu Menuliskan cirri-ciri orang yang
berhimat.
7.
Siswa mampu Mengakui berkat dari orang Kristen
yang berhikmaT.
8.
Siswa mampu Menunjukkan nats-nats Alkitab yang
mendukung pelajaran
VI.
MATERI : Bertumbuh dan semakin berhikmat
Defenisi
Bertumbuh adalah suatu proses yang mengalami
perubahan baik bentuk,sikap, kebiasaan dan lain-lain.
Berhikmat ( Khokh`mah “Ibrani” ----- So`fi`a “
Yunani”adalah pekerjaan yang membawa
hasil baik atau seseorang yang dikatakan mampu secara rohani membedakan
kehendak Tuhan yaitu melakukan segala sesuatu atas pimpinan Tuhan.
Bagaiamana
memperoleh hikmat
1. Taat kepada Firman Tuhan ( 1 Raja-raja 3:6-28
)
Taat yang dimaksud adalah taat bagaiamana
orang Kristen mampu mematuhi/ melaksanakan segala sesuatu yang di Firmankan
Tuhan
Contoh :
Memegang teguh perintahnya
Komiteman seperti raja Salomo
Dan memelihara ajaranNya.
2. Kenali siapa anda ( Galatia 2:20 )
Seorang Kristen mengenali artinya dia mampu
mengenali siapa sebenarnya dirinya sebagai anak Tuhan, melihat apa sebenarnya
potensi yang ia miliki untuk dikembangkan.
Dalam Firman Tuhan menjelaskan bahwa mengenal
artinya siswa harus sadar betapa dia adalah miliknya Tuhan.
3. Minta kepada sipemilik ( Amsal 2:6 ; Yakobus
1:5-6)
Ada beberapa
cara untuk memperoleh hikmat tersebut yaitu
- Yeremia 33:3
berserulah kepadaNya maka ia akan mendengarkan mu untuk setiap
permintaanmu
- 1 Tesalonika 5:17, tetaplah berdoa,
berkomunikasi dengan Tuhan adalah cara yang terbaik untuk mencari hatinya Allah
- Matius 7:7 mintalah maka akan diberikan kepada
Mu artinya jangan pernah kita berhenti selalu berharap dan meminta kepada Tuhan
karena dibalik semua itu Tuhan akan memberikannya lebih lagi kepada Kita.
Mengapa
perlu mempelajari Himat
- Masih banyak anak sekolah tidak mengasihi
tubuhnya sebagai orang yang berhikmat kepunyaan Allah
- Masih banyak diantara kita mata dan telinganya
tertutup akan kebenaran
- Masa anak SMA rentan tidak dapat memperoleh
hikmat karena masih dipengaruhi oleh modernisasi
Cirri-ciri
orang yang berhikmat
- Amsal 2:9-10
- Amsal 4:11-12
- Amsal 8:13
Apa berkat dari orang yang memiliki
Hikmat baca Amsal 3:1-26
VII.
PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : ceramah , Diskusi
dan tanya jawab
3. Model : Dicovery Learning
VIII.
MEDIA, ALAT , DAN SUMBER BELAJAR
a.
Media
: Gambar, computer dan slide dan siswa
b.
Sumber
Belajar : Alkitab, Modul
Pembelajaran PAK
IX.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Diskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
Menciptakan situasi/ Stimulasi
|
·
Mengucapkan Salam
·
Melakukan Ibadah (bernyanyi, berdoa,
bacafirman)
·
Menginformasikan tujuan pembelajaran
·
Mengingatkan kembali pelajaran yang
sebelumnya
|
15 menit
|
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
Menanyakan
Mengeksplorasi
Mengasosiasikan
|
-
Mengamati seseorang yang
memiliki cirri dewasa
-
Guru menanyakan apa
yang dapat diambil/diaplikasikan dari seseorang yang
memiliki kedewasaan
-
Siswa di ajak berfikir memberikan tanggapan tentang:
1.
Bagaimana seharusnya tingkah laku seorang remaja Kristen yang
hidup dalam kedewasaan
2.
Bagaimana peran seorang remaja Kristen yang
hidup dalam hikmat
-
Secara individu siswa merenungkan dan membuat komitmen
pilihan untuk dapat menjadi manusia dewasa yang berhikmat
|
90 menit
|
|
Penutup
|
-
Siswa dan guru menyimpulkan
hasil pembelajaran.
-
Guru memberi
penghargaan, misalnya: pujian atau bentuk penghargaan kepada siswa yang baik
terhadap tanggapan yang diberi
-
Melakukan ibadah penutup dengan berdoa yang
dipimpin oleh guru
|
20
menit
|
X.
PENILAIAN
1.
Teknik
: tes dan non tes
2.
Instrumen
: terlampir
Rubrik Penilaian Sikap diskusi
1. Mata pelajaran : PAK
Semester : 1 ( satu
)
2. Kelompok
:
1
Kelas
: X
|
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
||||||
|
Komitmen tugas
|
Kerja sama
|
Ketelitian
|
Kemampuan
menyampaikan
informasi
|
Tanggung
jawab
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||
|
1
|
||||||||
|
2
|
||||||||
|
3
|
||||||||
|
4
|
||||||||
Keterangan : Skor MAKSIMAL= 20
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4 = Baik
Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
Skor perolehan
Nilai = X
100
Skor Maksimal
Kriteria Nilai
A = 80
– 100 : Baik Sekali
B = 70
– 79 : Baik
C = 60
– 69 : Cukup
D = ‹ 60 : Kurang
Soal Essay tes
1) Jelaskanlah menurut pemahaman anda apa pentingnya dari
pelajaran hari ini …
2) Jelaskan apa
yang anda pahami melalui pelajaran bertumbuh
dan semakin berhikmat yang anda pahami…..
3) Sebutkan
perbedaan dewasa dan berhikmat
Medan, Agustus 2014
GURU PPL GURU
PEMBIMBING
PETRUS POSMA
SILABAN Nama
Guru Agama Kristen
NIM.11.02.0020 NIP.19691008199502345
MENGETAHUI,
KEPALA SMA NEGERI 17 MEDAN
Nama Keala Sekolah
THANKS BG.. TEPAT SEKALI DENGAN YANG SAYA CARI
BalasHapusoke sipp.... ma ho
HapusBisakah memposting RPP dengan materi yang lain????
BalasHapus